Contoh Format Program Rencana Kerja TK RA PAUD

Berikut ini adalah berkas Contoh Format Program Rencana Kerja TK RA PAUD. Download file format .docx Microsoft Word dan PDF.

Contoh Format Program Rencana Kerja TK RA PAUD
Contoh Format Program Rencana Kerja TK RA PAUD

Contoh Format Program Rencana Kerja TK RA PAUD

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Contoh Format Program Rencana Kerja TK RA PAUD:

Kata Pengantar
(KB) memiliki peran yang sangat penting dan strategi dalam proses peletakan dasar pendidikan generasi bangsa pada masa mendatang. KB merupakan terhadap awal pendidikan yang diselenggarakan secara struktur dalam upaya pembentukan sumber daya manusia Indonesia agar kelak mampu menjadi generasi yang handal dan mampu membangun bangsanya serta memiliki harkat dan mertabat yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di era globalisasi. 

Pendidikan Anak Usia Dini sebagaimana dinyatakan dalam Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, PAUD bertujuan membangun anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan emosional, kemandirian, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni siap memasuki Sekolah Dasar.

Sehubungan dengan hal diatas maka perlu di susun program kerja RA/TK. Penyusunan program kerja ini melibatkan berbagai komponen diantaranya dari Guru, Staf dan Komite PAUD.

Semoga program kerja RA/TK ini dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan program yang telah direncanakan.

Latar Belakang
Pengembangan Pendidikan PAUD khususnya dewasa ini semakin pesat untuk diperlukan penanganannya secara professional demi kemajuan lembaga. Dengan meningkatkan mutu dan layanan pada anak didik akan mampu mengembangkan potensi anak didik seoptimal mungkin. Keberhasilan pendidikan RA/TK memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Untuk itu Kepala RA/TK harus mempunyai program kerja agar didalam pelaksanaan tugasnya sudah mempunyai pedoman dan arah demi kemajuan selmabaga yang dipimpinnya dengan cara : 
  1. Merumuskan visi dan misi RA/TK
  2. Membuat perencanaan program jangka panjang dan jangka pendek dengan melibatkan unsur guru dan orang tua.
  3. Mengorganisasikan semua kegiatan di RA/TK
  4. Memberi motivasi kepada guru dan tenaga pelaksana
  5. Melakukan supervisi secara kesinambungan
  6. Melakukan kegiatan Evaluasi Program
  7. Melaporkan semua kegiatan

Landasan Hukum
  1. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 1999, tentang Pemerintah Daerah.
  2. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, tentang system Pendidikan.
  3. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2006, tentang Guru dan Dosen.
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 39 tahun 1992, tentang Peran Serta Masyarakat Dalam Pendidikan Nasional.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000,tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.

    Download Contoh Format Program Rencana Kerja TK RA PAUD

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Contoh Format Program Rencana Kerja TK RA PAUD ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Contoh Format Program Rencana Kerja TK RA PAUD



    Download File:
    Program Rencana Kerja TK RA PAUD.docx
    Program Rencana Kerja TK RA PAUD.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Contoh Format Program Rencana Kerja TK RA PAUD. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga beberapa informasi dan berkas lainnya terkait dengan TK, RA, PAUD di bawah ini.


    Comments